XL Axiata Bangun Solusi Digital “SATWA NUSANTARA”

XL Axiata Bangun Solusi Digital “SATWA NUSANTARA”

XL Axiata Bangun Solusi Digital “SATWA NUSANTARA”

XL Axiata Bangun Solusi Digital “SATWA NUSANTARA”

XL Axiata Bangun Solusi Digital “SATWA NUSANTARA”

XL Axiata melanjutkan komitmen untuk mendukung upaya pengentasan desa tertinggal.

Sesuai dengan kompetensi dan bidang usaha tempat berkecimpung, XL Axiata melakukannya dengan membangun solusi digital yang disesuaikan dengan kebutuhanwarga desa yang disasar.

Seperti pada solusi terbaru, XL Axiata membangun solusi inovatif berkonsep Farm Chain Management System (FCMS) “SATWANUSANTARA” untuk warga Desa Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Yessie D Yosetya Direktur Teknologi XL Axiata mengatakan, desa Karang Tekok ini

masuk kategori tertinggal sesuai dataKementerian Desa dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, danTransmigrasi, Republik Indonesia.

Solusi “SATWA NUSANTARA” ini dikatakan Yessie akan membantu para petani pemilik ternak di sini untuk memastikan ternak-ternak mereka,terutama sapi, bisa tercukupi pakan dan kondisi kesehatannya sepanjang tahun, termasuk di musim kemarau.

“Sapi adalah aset utama warga, tapi selama ini merekaharus menghadapi persoalan saat musim kemarau, di mana pakan tidak mencukupisehingga sapi kelaparan dan bobotnya menyusut drastic. Lalu, daripada mati,mereka menjualnya dengan harga sangat rendah. Padahal, sapi-sapi yangditernakkan warga adalah sapi dari jenis unggul yang punya potensi besar secaraekonomi untuk dikembangkan,” kata Yessie.

Menurut Yessie, melalui solusi digital ini juga akan bisa memberikan data dan gambaranmengenai

potensi ekonomi yang bisa didapatkan dari ternak sapi warga desa kedepan. Sesuai dengan namanya, solusi berbasis FCMS memang ditujukan untuk memaksimalkan produktvitas komoditi pertanian dengan cara menata, memantau dan merencanakan rantai pengelolaan dari hulu ke hilir, dari mulai pemeliharaan, panen, pemasaran, bahkan hingga pengembangan produk dari ternak.

Untuk keperluan di Desa Karang Tekok ini, “SATWA NUSANTARA” baru difokuskan untuk pemeliharaan, yaitu mengatasi masalah pakan dan kesehatan ternak.

 

Sumber :

https://iway.rosemont.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Organization_of_African_American_Students/Home.jnz?portlet=Discussion_Board&screen=PostView&screenType=change&id=802730da-abde-43f0-8bbd-01bd8537cd36