media efektif komunitas

media efektif komunitas

media efektif komunitas

media efektif komunitas

media efektif komunitas

Radio komunitas adalah stasiun siaran radio yang dimiliki, dikelola, diperuntukkan, diinisiatifkan dan didirikan oleh sebuah komunitas. Pelaksana penyiaran (seperti radio) komunitas disebut sebagai lembaga penyiaran komunitas. Radio komunitas juga sering disebut sebagai radio sosial, radio pendidikan, atau radio alternatif. Intinya, radio komunitas adalah “dari, oleh, untuk dan tentang komunitas”.
Kelompok masyarakat yang berpengaruh merupakan lapisan masyarakat yang berperan dan pendapatnya sering diperhatikan, malah akan diikuti anggota masyarakat lainnya. Melihat kedudukan mereka yang penting, keberadaan kelompok ini sangat potensial sebagi sumber berita. Terutama berita yang berasal dari kelompok ini sendiri, maupun berita dari kelompok masyarakat lain yang mereka ketahui, karena akses pergaulan mereka yang luas. Kelompok ini sering lebih dulu tau apa yang akan terjadi atau apa yang sedang terjadi tapi tidak dirasakan masyarakat (Fiedrich Naumann, Politik dan Radio, 2000)
Sebuah komunitas yang berusaha membentuk suatu media untuk kepentingan kelompok mereka. Kelompok tertentu dalam menunjukkan eksistensi mereka terhadap kelompok lain dengan cara menunjukkan kreatifitas yang dimiliki. Namun, radio komunitas tidak hanya sebagai bentuk kreatifitas kelompok tertentu tapi juga sebagai kebutuhan dalam menampung aspirasi anggota komunitas. Radio dipilih sebagai media untuk menampung aspirasi warga bukan tanpa alasan. Radio memiliki beberapa potensi untuk menyampaikan informasi yaitu: siaran radio bersifat langsung, siarannya tidak mengenal jarak dan rintangan (tergantung pemancar), mempunyai daya tarik tersendiri seperti suara,musik,dan efek suara (Asep Saeful Muhtadi, Jurnalistik : Pendekatan Teori dan Praktek, 1999)

Baca Juga :