Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program tahunan yang diselenggarakan setiap setahun sekali yang bertujuan untuk meningkatkan daya kreativitas mahasiswa di bidang ilmiah dan di bidang penalaran mahasiswa. Tujuan diadakan kegiatan PKM tersebut antara lain agar dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan yang kreatif, inovatif dan produktif, mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk melakukan komunikasi secara ilmiah, merangsang penalaran mahasiswa untuk dapat mengemukakan ide dan gagasannya.
Ketentuan Proposal PKM yang sudah diajukan ke beberapa kampus akan dikirim DIKTI untuk dikoreksi oleh DIRJEN DIKTI. Jika dibandingkan dengan tahun lalu memang dari sisi prestasi begitu menurun dari pada tahun sekarang yang lolos PKM. Salah satu penyebab terjadinya penurunan tersebut adalah adanya kebijakan yang mengharuskan setiap PT (Perguruan Tinggi) mengajukan PKM sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat.

Terdapat 4 jenis PKM yaitu :

• PKM Penelitian
• PKM Kewirausahaan
• PKM Teknologi
• PKM Pengabdian Pada Masyarakat

Ide dan gagasan yang dapat saya kemukakan tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini adalah mahasiswa dapat menyadari dan dapat melakukan perubahan dalam mengemukakan pendapat.Pertama kali mahasiswa harus meneliti dan melakukan observasi sebuah masalah yang terjadi.Kemudian mahasiswa tergerak untuk melakukan aktivitas di luar kampus yang dapat menjalin hubungan erat dengan dunia luar dan masyarakat.Dari bagian inilah mahasiswa akan membentuk kelompok yang berfungsi untuk melakukan diskusi pada setiap pertemuan dan menciptakan Lembaga-Lembaga Masyarakat yang dapat menangani masalah / isu sosial dalam masyarakat.Hubungan itu akan terus terjadi disetiap mahasiswa melakukan pertemuan-pertemuan baik antara masyarakat maupun antar kampus.

Sumber : https://freemattandgrace.com/