ARTIKEL SISTEM INFORMASI

ARTIKEL SISTEM INFORMASI

ARTIKEL SISTEM INFORMASI

ARTIKEL SISTEM INFORMASI

ARTIKEL SISTEM INFORMASI

Pengertian Sistem Informasi

Saat ini, Sistem Informasi sering terdengar dengan kata komputer dan dikaitkan dengan sistem informatika padahal sebenarnya pengertian informasi dan informatika sangat berbeda. Pengertian Sistem Informasi memiliki beberapa komponen teknologi informasi, hal inilah berkaitan pada tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu juga, Sistem Informasi membantu untuk mengontrol suatu proses kinerja dalam bisnis.

Istilah Pengertian Sistem informasi diartikan sebagai suatu sistem yang terintegrasi secara optimal dan berbasis pada komputer yang dapat menyajikan dan menghimpun berbagai jenis data yang akurat untuk bermacam kebutuhan. Pengertian Sistem Informasi adalah gabungan terorganisasi yang terdiri dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi. Selain itu, Sistem Informasi berfokus pada disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

Pengertian Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut :

Sistem Informasi berdasarkan elemen: kumpulan dari komponen yang berinteraksi dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Pengertian sistem ini banyak diterima dan digunakan karena memiliki sistem yang luas, lebih mudah diaplikasikan dan dimengerti.
Sistem Informasi berdasarkan prosedur: jaringan kerja dari proses yang saling berhubungan dan berkumpul bersama-sama untuk menyelesaikan suatu kegiatan tertentu yang tepat sasaran. Pengertian sistem ini lebih menekankan pada urutan operasi dalam jaringan kerja.
Pengertian Sistem Informasi
Pengertian Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi menurut para ahli, yaitu sebagai berikut :

Menurut O’Brien,  Sistem Informasi merupakan kombinasi yang terdiri dari orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer dan jaringan komunikasi, serta basis data untuk mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam suatu bentuk organisasi.
Menurut Mc Leod, Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan dalam mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.
Menurut Leitch Rosses dan K. Roscoe Davis, Sistem Informasi adalah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan dalam mengelola transaksi harian, mendukung operasi/proses, bersifat manajerial dan kegiatan strategi suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Menurut Gordon B. Davis, Sistem Informasi merupakan sistem yang menerima masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
Menurut Lani Sidharta, Sistem Informasi merupakan sistem buatan manusia yang terdapat pada himpunan terintegrasi dari komponen-komponen manual dan komponen-komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan dan memproses data, dan menghasilkan informasi untuk pemakai.
Menurut Tafri D. Muhyuzir, Sistem Informasi merupakan data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling mengaitkan dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang bernilai bagi yang menerimanya.
Menurut Wikipedia Indonesia, Sistem Informasi merupakan aplikasi komputer untuk mendukung operasi dalam suatu organisasi seperti data, operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak dan perangkat keras. Selain itu juga, Sistem informasi adalah sekumpulan komponen yang membentuk sistem yang saling terkait antara satu komponen dengan komponen lainnya bertujuan menghasilkan informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam Sistem Informasi diperlukan adanya klasifikasi alur informasi sehingga  menyebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi.
Pada dasarnya, Pengertian Sistem Informasi terbentuk melalui kegiatan operasi yang tetap yaitu :

Mengumpulkan data
Mengelompokkan data
Menghitung dan menganalisa data
Menyajikan laporan data
Sasaran dalam Sistem Informasi, yaitu :

Meningkatkan efektifitas secara keseluruhan
Meningkatkan efektifitas ekonomi
Meningkatkan penyelesaian tugas
Komponen dalam Sistem Informasi, yaitu :

Manusia, seperti manajer, operator, analis dan programmer
Database, kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sehingga pengguna sistem informasi mudah mengakses.
Telekomunikasi, sebagai penghubung antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama ke dalam suatu jaringan kerja yang efektif.
Perangkat keras, melengkapi data dengan memasukkan, memproses dan mengeluarkan data.
Perangkat lunak, suatu program dan instruksi yang diberikan pada komputer.

Baca Juga :