Keuntungan dan Persiapan Saat Kuliah di Luar Negeri

Keuntungan dan Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

Tingginya tingkat persaingan di dunia profesional membuat pendidikan tinggi menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Namun bagi sebagian orang berkuliah di negeri sendiri dirasa kurang dalam menjawab tantangan global di era ini. Kuliah di luar negeri pun menjadi pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan.

Tidak hanya demi kebanggaan atau prestise semata, kuliah di luar negeri ternyata bisa menjadi pendongkrak bagi karier seseorang. Faktanya, orang-orang yang menempati posisi tinggi di manajemen perusahaan-perusahaan besar adalah mereka yang pernah berkuliah di luar negeri.

Banyak juga perusahaan dan startup sukses, seperti Go-Jek, Amartha, dan Cermati, yang didirikan oleh para mereka yang berkuliah di luar negeri. Masih ragu untuk berkuliah di luar negeri? Berikut beberapa alasan dan keuntungan kuliah di luar negeri yang bisa kamu pertimbangkan.

Melatih Kedewasaan
Berkuliah di luar negeri memang bisa melatih kedewasaan bagi anak muda. Apalagi bagi kamu yang sudah terbiasa hidup bersama orang tua sejak kecil. Jika kamu berkuliah di kota asal atau di mana pun di Indonesia dan kamu merasa tidak betah, kamu bisa meninggalkan tempat tersebut dan pulang ke rumah orang tua. Lain halnya jika kamu tinggal dan kuliah di luar negeri, kamu akan dipaksa untuk mandiri dan bersikap dewasa dalam menghadapi masalah-masalahmu. Inilah yang akan membentuk mentalmu menjadi lebih kuat dan dewasa.

Kesempatan Karier yang Besar
Setelah kamu lulus dari kuliah di luar negeri, kamu akan dipandang sebagai sumber daya manusia yang unggul di negeri sendiri. Kamu bisa memanfaatkan gelar atau nama kampus tempat kamu berkuliah di luar negeri dalam mencari pekerjaan di Indonesia. Kamu juga memiliki kesempatan yang sangat luas untuk berkarier dalam skala global. Salah satu caranya, dengan mencari pekerjaan di negara tempat kamu berkuliah di luar negeri.

Mengajari Kita untuk Mengatur Keuangan
Banyak orang yang mendapat kesempatan berkuliah di luar negeri menggunakan beasiswa. Jika kamu beruntung mendapatkan kesempatan tersebut, kamu harus pintar dalam mengatur keuangan agar beasiswamu cukup untuk berkuliah dalam hidup sehari-hari. Jika kamu merasa uang yang kamu punya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu, kamu juga bisa berlatih mencari uang dengan melakukan pekerjaan sampingan di waktu luangmu sebagai mahasiswa, misalnya dengan menjadi asisten profesor di kampus tempatmu berkuliah.

Belajar dari Orang-orang Baru
Bergaul dengan orang dari seluruh penjuru dunia membuat mereka yang berkuliah di luar negeri memiliki rasa toleransi yang tinggi. Selain itu kamu juga bisa mempelajari etos kerja para profesional dan akademisi di negara tempatmu berkuliah. Sistem dan kebiasaan yang berbeda dengan Indonesia akan membuatmu harus beradaptasi dan mungkin bekerja lebih keras lagi.

Menambah Rasa Percaya Diri
Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, berkuliah di luar negeri bisa menambah rasa percaya diri bagi kita. Salah satunya dalam hal berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Dengan tinggal di negara lain, kamu akan dipaksa untuk menggunakan bahasa asing dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik di kampus maupun tempat-tempat lain seperti pasar, perpustakaan, atau restoran.

Masih ragu untuk berkuliah di luar negeri? Mungkin kamu masih belum membayangkan apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum berkuliah di luar negeri. Berikut saya rangkum beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat kuliah di luar negeri.

Baca Juga: