Pengertian Pemanasan Global dan Penyebab Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global dan Penyebab Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan global adalah makna yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu umumnya atmosfer bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang dipercayai secara permanen membuat perubahan iklim bumi.

Aktivitas manusia tetap membuahkan beragam zat sisa membuang yang tidak benar satunya berupa gas. Sebagian besar orang berfikir bahwa atmosfer bisa menyerap gas-gas buangan itu secara tidak terbatas dan tidak mengakibatkan efek buruk bagi kehidupan. Namun, waktu ini diketahui bahwa banyaknya gas buangan itu bisa membawa dampak perubahan mendasar di atmosfer dan terhitung suasana kehidupan di bumi.

Berbagai aktivitas manusia seperti pemakaian bahan bakar fosil, penebangan dan pembakaran hutan untuk pengalihfungsian jadi lahan pertanian, pemukiman dan industri bakal menyumbangkan karbon dioksida ke atmosfer dalam kuantitas yang banyak. Lebih dari lebih dari satu periode, karbon dioksida di atmosfer meningkat sekitar 20%. Meningkatnya konsentrasi gas-gas tempat tinggal kaca seperti karbon dioksida bakal merubah takaran panas di bumi. Banyak dari radiasi matahari yang menyinari permukaan bumi, kemudian direflesikan ulang ke angkasa.

Meningkatnya takaran karbon dioksida di atmosfer membawa dampak para ilmuwan prihatin, dikarenakan perihal itu mengenai erat dengan meningkatnya suhu global. Lebih dari satu abad, ilmuwan sudah mempelajari bagaimana gas-gas tempat tinggal kaca menghangatkan bumi dan bagaimana pembakaran bahan bakar fosil berkontribusi pada pemanasan suhu bumi. Sebagian besar ilmuwan yakin bahwa pemanasan global sudah di mulai dan bakal meningkat cepat di abad ini. Penelitian sudah banyak dilaksanakan peneliti dalam kurun waktu belakangan ini. Mereka memperkirakan bahwa umumnya suhu global bisa meningkat pada 1,4°C-5,8°C pada th. 2100.

Penyebab Pemanasan Global
Segala aktivitas manusia tetap berdampak bagi lingkungan, baik itu mempunyai efek positif maupun negatif. Begitu terhitung dengan suasana atmosfer bumi waktu ini yang mengalami perubahan akibat aktivitas manusia. Pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan hutan bisa tingkatkan takaran karbon dioksida di atmosfer. Sebab karbon dioksida adalah tidak benar satu gas tempat tinggal kaca, maka meningkatnya takaran karbon dioksida di atmosfer bakal berkontribusi terjadinya pemanasan global. Oleh dikarenakan itu, tiap-tiap th. takaran karbon dioksida terus menerus meningkat.

Beberapa faktor yang membawa dampak terjadinya pemanasan global di antaranya;
Emisi karbon dioksida yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik
Emisi karbon dioksida yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi
Emisi metana dari hewan, lahan pertanian, dan dari basic laut Arktik
Deforestation/penebangan liar yang disertai dengan pembakaran lahan hutan
Meningkatnya pemakaian pupuk kimia dalam pertanian
Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refligerator (pendingin).

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Pemanasan Global dan Penyebab Pemanasan Global, yang pada peluang ini bisa dibahas dengan lancar. Semoga berguna dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Sampai Jumpa!!!

Baca Juga :