Badan usaha berdasarkan lapangan usaha

Macam-Macam Badan Usaha Dan Penjelasannya

Macam-Macam Badan Usaha Dan Penjelasannya

 

Badan usaha berdasarkan lapangan usaha

Badan usaha berdasarkan lapangan usaha

 

  1. Badan usaha ekstraktif adalah badan usaha yang kegiatannya menggali, mengambil mengolah kekayaan yang disediakan oleh alam. Contoh badan usaha yang kegiatannya berupa penambangan emas, pengambilan hasil hutan, pengeboran minyak.
  2. Badan usaha agraris adalah badan usaha yng bergerak dalam bidang pengolahan faktor produksi alam terutama tanah. Contoh badan usaha yang usahanya berupa : pengolahan hasil pertanian, perikanan darat, perkebunan teh.
  3. Badan usaha industri adalah badan usaha yang kegiatannya menghasilkan barang baru/ meningkatkan nilai guna barang atau badan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku/mengolah setengah jadi menjadi barang jadi. Contoh badan usaha yang kegiatannya usaha: menghasilkan tekstil, menghasilkan roti, menghasilkan menghasilkan buku tulis.
  4. Badan usaha dagang adalah badan usaha yang kegiatannya melakukan pembelian dan menjual kembali barang dagangan hasil kegiatan produksi tanpa merubah bentuk atau sifat dari barang tersebut, contoh. Badan usaha yang kegiatan usahanya: menjual pakaian, menjual tas, menjual dan membeli mobil.
  5. Badan usaha jasa adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, contoh bioskop, hotel, menyediakan jasa telekomunikasi, jasa perawatan kecantikan.

 Badan usaha berdasarkan jumlah tenaga kerja.

  1. Badan usaha kecil adalah badan usaha yang menyerap tenaga kerja 1-5 orang, contoh perusahaan-perusahaan industri rumah tangga (home industri).
  2. Badan usaha sedang adalah badan usaha yang meyerap tenaga kerja 6-50 orang, contoh mini market, hotel-hotel melati.
  3. Badan usaha besar adalah badan usaha yang menyerap tenaga kerja 50 orang lebih 1000 orang/lebih. Contoh pabrik sepatu, mobil, hotel-hotel berbintang.

Badan usaha berdasarkan kepemilikan modal

 

1. Badan usaha milik negara (BUMN) adalah badan usaha yang didirikan oleh negara yang modalnya sebagian/ seluruhnya berasal dari negara. Menurut peraturan pemerintah No. 3 th 1982 maksud dan tujuan didirikan BUMN :

  1. Memberikan sumbangan pagi pertimbangan perekonomian negara pada umumnya dan pemerintah pada khususnya
  2. Menyelenggarakan pemanfaatan umum berupa jasa/ barang yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajad hidup orang banyak.
  3. Menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh swasta dan koperasi
  4. Menyelenggarakan kegiatan usaha yang bersifat melengkapi kegiatan swasta dan koperasi serta meyediakan kebutuhan masyarakat.
  5. Turut aktif memberikan bimbingan kepada sektor swasta khususnya golongan ekonomi lemah, sektor koperasi.
  6. Mengadakan pemupukan keuntungan.

 

Sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/