BCA Gelontorkan Rp 4,45 M untuk Program Beasiswa Mahasiswa Kampus Ini

BCA Gelontorkan Rp 4,45 M untuk Program Beasiswa Mahasiswa Kampus Ini

BCA Gelontorkan Rp 4,45 M untuk Program Beasiswa Mahasiswa Kampus Ini

BCA Gelontorkan Rp 4,45 M untuk Program Beasiswa Mahasiswa Kampus Ini

BCA Gelontorkan Rp 4,45 M untuk Program Beasiswa Mahasiswa Kampus Ini

Perkembangan dunia pendidikan juga menjadi perhatian industri perbankan

. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Mereka memberikan beasiswa kepada 16 perguruan tinggi (PT) di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pihaknya menggelontorkan dana sebesar Rp 4,45 miliar untuk beasiswa tersebut.

Dari 16 PT tersebut, Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi salah satu penerima beasiswa. Bahkan berkesempatan menjadi yang pertama menerima serah terima beasiswa secara simbolis.

Kepala Kantor Wilayah VII BCA Djoko Rosmiatun Mijaata menyerahkan Beasiswa Bakti BCA senilai Rp350 juta secara simbolis kepada Wakil Rektor III Universitas Brawijaya Arief Prajitno. Penyerahan itu juga disaksikan langsung oleh Kepala BCA KCU Malang Amir Basri dan Kepala BCA KCU Borobudur Liciana King di BCA Kanwil VII Malang.

Djoko mengatakan, program Beasiswa Bakti BCA hadir sebagai bentuk komitmen BCA

untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia.

Dia menerangkan, Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. ”Harapannya bisa meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan,” kata dia.

Dia memaparkan, pada 2016, BCA memberikan beasiswa senilai Rp 4,25 Miliar kepada 587 mahasiswa. Dukungan yang diberikan pun tidak hanya berhenti pada dukungan material, melainkan juga secara aktif melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.

”BCA percaya bahwa mahasiswa berprestasi memiliki potensi luar biasa yang harus kami dukung pengembangannya,” ujarnya. Pihaknya pun berharap, Beasiswa Bakti BCA dapat turut mendukung untuk meningkatkan daya saing serta kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Djoko mengatakan, Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-21 dan terus

mengevaluasi dana yang diberikan. Tercatat pada tahun 2014 dana dialokasikan untuk program Beasiswa Bakti BCA senilai Rp 3,8 Miliar dan diserahkan kepada 16 perguruan tinggi negeri.

Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 4,1 Miliar pada 2015, Rp 4,25 Miliar pada 2016 dan kembali ditingkatkan menjadi Rp 4,45 Miliar pada 2017.

Adapun jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa pada periode tahun ajaran 2014/2015 adalah sebanyak 481 mahasiswa dan 554 mahasiswa untuk tahun ajaran 2015/2016.

Kemudian, 587 mahasiswa untuk tahun ajaran 2016/2017, serta 636 mahasiswa pada tahun ajaran 2017/2018.

 

Baca Juga :