PENERAPAN SUATU SISTEM DALAM PENGELOLAAN KELAS

PENERAPAN SUATU SISTEM DALAM PENGELOLAAN KELAS

PENERAPAN SUATU SISTEM DALAM PENGELOLAAN KELAS

 

PENERAPAN SUATU SISTEM DALAM PENGELOLAAN KELAS

PENERAPAN SUATU SISTEM DALAM PENGELOLAAN KELAS

 

Mengelola kelas itu merupakan pembuatan  keputusan-keputusan

Yang direncanakan bukan keputusan-keputusan spontan yang diambil dalam keadan darurat. Dasar dari pendekatan yaitu bahwa perilaku yang baik dikelas sebagiandapat dibentuk dengan cara memberikan ganjaran atau tidak.

  1. Teknik mendekati

       Bila seorang siswa mulai bertingkah,satu teknik yang biasanya efektif yaitu teknik mendekatinya .kehadiran guru bisa membuatnya takut,dan karena itu dapat menghentikannya dari perbuatan yang disruptif ,tanpa perlu menegur andai kata siswa mulai menampakan kecenderungan berbuat nakal,memindahkan tempat duduknya ke meja guru dapat berefek preventif.

1)      Teknik memberikan isyarat

apabila siswa berbuat penakalan kecil,guru dapat memberikan isyarat bahwa ia sedang diawasi. Isyarat tersebut dapat berupa petikan jari,pandangan tajam, atau lambaian tangan.

2)      Teknik mengadakan humor

Jika insiden itu kecil, setidaknya guru memandang efek saja, dengan melihatnya secara humoristis, guru akan dapat mempertahankan suasana baik, serta memberikan peringatan kepada si pelanggar bahwa ia tahu tentang apa yang akan terjadi.

3)      Teknik tidak mengacuhkan

Untuk menerapkan  cara ini guru harus lues dan tidak perlu menghukum setiap pelanggaran yag diketahuinya .dalam kasus-kasus tertentu,tidak mengcuhkan kenakalan justru dapat membawasiswa untuk di perhatikan

4)      Teknik yang keras

Guru dapat menggunakan teknik-teknik yang keras apabila ia di hadapkan pada perilaku disruptif yang jelas tidak terkendalikan.contohnya mengngeluarkannya dalam kelas.

5)      Teknik mengadakan diskusi secara terbuka

Bila kenakalan di kelas mulai bertambah ,sering guru menjadi heran.ia lalu menilai kembali tindakan dan pengajarannya. untuk menjelaskan perbuatan-perbuaatan siswa-siswanya. Dan menciptakan suasana belajar yang sedikit lebih sesuai daripada sebelumnya.

6)      Teknik memberikan penjelasan tentang prosedur

kadang-kadang masalah kedisiplinan ada hubungannya yang langsung dengan ketidak mampuan siswa melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya.kesulitan ini terjadi apbila guru berasumsi bahwa siswa memiliki keterampilan,padahal sebenarnya tidak.masalah yang hampir sama yaitu masalah-masalah perilaku yang lazimnya berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang tidak biasa dikelas.

 

Mengadakan analisis

Kadang-kadang terjadi hampir terus menerus berbuat kenakalan, guru dapat mengetahui masalah yang akan di hadapinya dan mengurangi keresahan siswanya.

 

Mengadakan perubahan kegiatan

Apabila gangguan dikelas meningkat jumlahnya, tindakan yang harus segera di ambil yaitu mengubah apa yang sedang anda lakukan. Jika biasanya diskusi, maka ubahlah dengan memberikan ringkasan-ringkasan untuk dibaca atau menyuruh mereka membaca buku-buku pilihan mereka.

 

Teknik menghimbau

Kadang-kadang guru sering mengatakan, “harap tenang”. Ucapan tersebut adakalanya membawa hasil; siswa memperhatikannya. Tetapi apabila himbauan sering digunakan mereka cenderung untuk tidak menggubrisnya.

 

Sumber : https://kidblog.org/class/kelas-biologi-online/posts/7he7ner6kijj0sdxh8pca05bc?fbclid