ORGANISASI BERKAS INDEKS SEKUENSIAL

ORGANISASI BERKAS INDEKS SEKUENSIAL

ORGANISASI BERKAS INDEKS SEKUENSIAL

ORGANISASI BERKAS INDEKS SEKUENSIAL

ORGANISASI BERKAS INDEKS SEKUENSIAL

1. ARTI BERKAS INDEKS SEKUENSIAL

Berkas Indeks Sekuensial adalah salah satu cara efektif untuk mengorganisasikan kumpulan-kumpulan record yang membutuhkan akses record secara sekuensial maupun individu berdasarkan nilai key.
Intinya, indeks sekuensial terdiri dari kombinasi berkas sekuensial dan berkas relatif.

2. STRUKTUR POHON (TREE)

Struktur pohon (tree) adalah sekumpulan elemen-elemen, dengan salah satu elemennya merupakan akarnya atau root, dan sisanya yang lain merupakan bagian-bagian pohon yang terorganisasi dalam susunan berhirarki, dengan root sebagai posisi yang yang paling atas

3. POHON BINER

Pohon Biner adalah pohon yang setiap simpulnya memiliki paling banyak dua buah cabang/anak

Indeks disusun berdasarkan binary search tree dan digunakan untuk melayani sebuah permintaan untuk mengakses sebuah record tertentu

Berkas data sequential digunakan untuk mendukung akses sequential terhadap seluruh kumpulan record-record.

4. Blok Indeks Dan Data

Pada pendekatan ini kita menyusun data dengan lebih memperhatikan ke data yang bersifat logika.
Misalnya setiap blok data mempunyai ruang yang cukup untuk menampung 5 record dan setiap blok indeks mempunyai ruang yang cukup untuk menyimpan 4 pasang (nilai key, pointer).
Jika kita menginginkan penyisipan maupun penghapusan terhadap isi berkas, maka blok indeks dan blok data akan dibuat dengan sejumlah ruang bebas, yang biasanya disebut sebagai padding dan pada gambar ditunjukkan sebagai irisan.

5. Prime dan Overflow Data Area

Pendekatan lainnya adalah berdasarkan struktur indeks dimana struktur indeks ini lebih ditekankan pada karakteristik hardware (fisik) dari penyimpanan, dibandingkan dengan distribusi secara logik dari nilai key.
Indeksnya ada beberapa tingkat, misalnya tingkat cylinder indeks dan tingkat track indeks. Berkas datanya secara umum diimplementasikan sebagai 2 berkas, yaitu prime area dan overflow area.
Misalnya setiap cylinder dari alat penyimpanan mempunyai 4 track. Pada berkas binatang ada 6 cylinder yang dialokasikan pada prime data area. Track pertama (nomor 0) dari setiap cylinder berisi sebuah indeks pada record key dalam cylinder tersebut.

Dalam sebuah track data, tracknya disimpan secara urut berdasarkan nilai key.Tingkat pertama dari indeks dalam berkas indeks dinamakan master indeks.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/