Kadisdik, Guru Harus Gereget!

Kadisdik, Guru Harus Gereget!

 Kadisdik, Guru Harus Gereget!

 

Kadisdik, Guru Harus Gereget!

Peran guru tidak hanya sekedar mengirim ilmu

Lebih dari itu, guru harus mampu berperan aktif dalam proses pengembangan kompetensi siswa dalam proses pembelajaran seperti mampu memotivasi dan memberi ruang siswa untuk berinovasi serta memberikan kesan menyenangkan bagi siswa untuk belajar.

“Kalau sekedar tranfers bahan ajar tanpa ada semangat dan, mungkin siswa akan merasa bosan. Guru harus gereget, harus semangat dalam proses pembelajaran agar anak-anak termotivasi untuk selalu menuntut ilmu serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Ahmad Hadadi dalam kegiatan Workshop Penyususnan E modul Pembelajaran bagi Guru SMA, SMK dan SLB di Hotel Panorama, Lembang, Kota Bandung, Selasa, 6 November 2018.

Dia menegaskan

guru harus memberi kesan yang mendalam bagi siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya lewat teknologi. “Saya yakin semua guru-guru melek teknologi, dengan begitu, pembelajaran akan menjadi lebih hidup. Guru harus selalu inovatif dalam pembelajaran agar mampu mencetak siswa yang kreatif,” tutur Hadadi.

Hadadi juga menegaskan

sebaik-baiknya guru adalah yang bisa menginspirasi siswa. “Waktu pembelajaran di kelas mungkin enggak lama, tapi jika guru itu mampu menginsipirasi siswa, itu akan memberi dampak positif,” katanya.

Karena, menurut Hadadi

pembelajaran sekarang harus di titik beratkan pada pesesta didik. Sehingga guru tak hanya berperan sebagai pemberi ilmu, namun juga mampu menggugah siswa untuk belajar. “Kalau sekedar transfer bahan ajar, tanpa ada semangat, siswa pasti akan merasa bosan. Seorang guru harus member gairah baru, mampu memberikan kesan yang mendalam bagi siswa dan mampu memotivasi siswa untuk terus mengembangkan diri,” katanya menjelaskan.

Hadadi berharap

lewat kegiatan ini siswa guru mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan modul pembelajaran yang lebih adaptif serta mampu meningkatkan kompetensi siswa. “Semoga proses pembelajaran terus meningkat menjadi lebih baik dan selalu memiliki progres dari tahun ke tahun,” ucap Hadadi.

 

Artikel Terkait: