5 Trik Menghadapi Rekan Kerja yang Tidak Anda Sukai

5 Trik Menghadapi Rekan Kerja yang Tidak Anda Sukai

Rekan Kerja, pernahkah selama bekerja Anda tentu bakal menemukan orang-orang yang tidak terlalu sesuai dengan kepribadian atau langkah berpikir Anda? Awalnya, bisa saja hanya perasaan tidak senang saja. Namun, lama-lama dapat saja keluar perdebatan yang lantas menghindar kinerja Anda di kantor. Musuh, saingan, rival, atau apa pun itu kadang-kadang dapat membuat kita tidak nyaman bekerja dengan mereka, bukankah begitu, Rekan Kerja? Namun, bagaimana jadinya kalau Anda wajib bekerja serupa dalam satu tim dengan dengan orang yang tidak Anda sukai dalam satu proyek yang sama?

Dinginkan kepala Anda sejenak dan jadi berpikir jernih. Hal ini penting untuk diperhatikan karena membangun hubungan baik di kantor bakal mempermudah Anda dalam bekerja. Anda terhitung wajib memperlihatkan sikap sebagai team player meskipun tengah berhadapan dengan orang yang tidak cukup Anda sukai. Lakukanlah trick tersebut untuk menghadapi teman kerja yang tidak cukup Anda sukai dengan lebih dewasa dan profesional!

1. Mengenal secara personal

Tahukah Anda, secara psikologis seseorang bakal lebih menyukai orang-orang yang punyai ketertarikan yang serupa layaknya dirinya sendiri. Nah, kalau Anda jadi punyai banyak kesamaan dengan kolega kerja Anda, maka bakal lebih ringan bagi Anda untuk menyukai orang tersebut.

Selain itu, coba untuk memuji kolega kerja yang tidak cukup Anda sukai. Menurut Eric Hoffer, seorang ahli filsafat, mencari-cari kesalahan berasal dari orang yang kita benci bakal makin mengobarkan kebencian dalam diri Anda. Sebaliknya, kalau kita memperlakukannya dengan murah hati maka bakal memadamkan kebencian kita. Jadi, lebih baik memuji orang yang Anda tidak suka, meskipun wajib sedikit berbohong tentang pujian tersebut.

2. Jangan ringan menyimpulkan seseorang

Jangan ringan terkecoh dengan penampilan berasal dari kolega kerja Anda yang sepertinya keluar tidak menyenangkan atau mengganggu. Agar Anda dapat bekerja dengan baik dengan setiap kolega kerja, maka Anda wajib dapat paham apa yang Anda sukai dan tidak cukup sukai, selanjutnya coba untuk menerimanya. Tidak semua orang mempunyai kepribadian yang serupa dengan Anda. Selain itu, Anda sebaiknya tidak ringan menyimpulkan sesuatu yang sifatnya lebih personal. Apalagi kalau Anda mengambil alih pemikiran berasal dari perkataan orang lain yang belum tentu benar. Intinya, bijaklah dalam menilai seseorang ya, Rekan Kerja.

3. Minta wejangan atau nasihat padanya

Mungkin langkah yang satu ini tidak masuk akal menurut Anda. Untuk apa menghendaki wejangan atau nasihat berasal dari orang yang tidak Anda sukai? Namun, tidak ada salahnya menghendaki wejangan tentang pekerjaan kepada orang tersebut, lho. Misalnya, Anda lihat ia bagus dalam hal memimpin tim atau dalam hal menyelesaikan masalah, Anda dapat menanyakan kepadanya bagaimana caranya memonitor performa tim atau tips kepemimpinan yang baik.

Walaupun bakal sedikit canggung di awal, dengarkanlah sarannya dan terlalu lakukan hal yang sebetulnya menurut Anda baik. Setelah itu, datangi ia lagi dan ucapkan terima kasih karena sarannya ampuh. Lakukan itu sebagian kali dan bisa saja saja ia bakal menghendaki wejangan balik supaya hubungan kalian menjadi lebih baik ya, Rekan Kerja.

4. Bersikaplah profesional

Walaupun ada seseorang yang mengganggu kenyamanan Anda di tempat kerja, selamanya lakukan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda secara profesional ya, Rekan Kerja. Janganlah bersikap kekanak-kanakan, layaknya menolak bekerja dalam tim yang serupa dengannya. Berusahalah selamanya bersikap biasa dan jangan memperlihatkan kalau Anda tidak senang bekerja dengannya. Jika ia menghendaki bantuan, berilah sesuai dengan kapasitas dan kekuatan Anda.

5. Tetaplah bersikap baik dan jangan menjelek-jelekan

Meskipun Anda kesal dan tidak senang dengan kolega kerja Anda, jangan sekali-kali menjelek-jelekkan dirinya atau mengadukan kejelekannya terhadap kolega kerja lain atau apalagi terhadap bos Anda. Namun andaikan bos Anda menanyakan masalah tersebut secara pribadi, Anda dapat menjelaskannya dengan konsisten terang. Yang paling utama adalah Anda tidak memulai untuk mengimbuhkan Info tentang kolega kerja Anda tersebut.

Seperti apa yang filsuf Philo katakan, berbaik hatilah terhadap musuhmu, karena semua orang berjuang keras untuk hidupnya. Mungkin saja kolega yang tidak Anda sukai itu pernah mengalami hal-hal sulit yang membentuk kepribadianya sekarang.

Tetap bersikap tenang dan elegan sementara menghadapi kolega kerja yang tidak Anda sukai di tempat kerja bakal memperlihatkan terhadap semua orang bahwa Anda adalah pekerja yang profesional dan bertanggung jawab. Percayalah di mana saja Anda bekerja, tentu selamanya ada masalah. Jika Anda berkesinambungan jadi bermasalah, bisa saja Anda wajib refleksi diri apakah ternyata selama ini masalahnya ada terhadap diri Anda sendiri. Tetap semangat dan jangan berhenti berusaha!

Selengkapnya : gurukelas.co.id