Tips Mendidik Anak Secara Islami Sejak Dini

Anak merupakan aset yang paling berharga di dalam hidup kita. Dia adalah titipan Tuhan yang benar-benar harus dijaga dengan baik, bukankah salah satu amal yang tak pernah putus adalah doa anak sholeh dan sholehah. Lantas, bagaimana kita mendidik generasi yang sesuai dengan syariat serta ajaran agama Islam? Semuanya pasti kembali pada orangtuanya.

 

Tips Mendidik Anak Secara Islami Sejak Dini

Tips Mendidik Anak Secara Islami Sejak Dini

Buah tak akan pernah jatuh dari pohonnya. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips dalam mendidik anak secara Islami sejak usia dini yang mungkin saja bisa membantu Anda dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak Anda.

Tips mendidik anak secara Islami sejak dini

Kenalkan tentang aqidah dan ketauhidan

Ini penting sekali buat mereka yang masih dini mungkin saja masih belum tahu siapa Allah, kenapa haru sering ucapkan lafadz Allah dan lain-lain. Sampaikan saja secara terus menerus pada anak Anda bahwasannya semuanya yang ada dini adalah dari Yang Maha Esa, sehingga kita semuanya wajib taat pada Allah, sebab tak ada daya dan juga kekuatan kecuali hanya miliki Allah. Tetapi cara penyampaiannya juga harus yang lebih sederhana bund, agar bisa dipahami oleh anak-anak Anda.

Mengajak agar selalu mengikuti kesehariannya

Misalnya saja berwudhu, sholah, dan lain-lain. maka sih anak lama kelamaan akan mulai terbiasa dengan beberapa hal tersebut. Walaupun sebenarnya mereka masih belum tahu apa-apa, ya paling tidak mereka tahu bahwasannya ini adalah suatu kewajiban yang tak boleh ditinggalkan seperti halnya saat makan di setiap harinya.

Membiasakan untuk selalu bawa perlengkapan sholat

Apabila Anda akan berpergian, jangan hanya sibuk menyiapkan makanan saja ya bund, akan tetapi biasakan juga pada anak Anda untuk selalu membawa perlengkapan sholat. Dengan kebiasaan yang seperti ini, maka mereka tentunya akan mulai terbiasa hingga dewasa kelak. Akan tetapi juga jangan biasakan hanya pada saat dia masih kecil, akan tetapi selagi dia masih dalam pengawasan Anda hal yang seperti ini tak dapat dilupakan. Sehingga tanpa pengawasan Anda pun sih kecil sudah terbiasaan akan hal tersebut.

Mengajarkan nilai keislaman secara kontinu

Tak hanya keluarga ulama, da’I, atau pujn kyai saja yang selalu memberi ajaran agama. Tapi ssemua keluarga muslim juga harus bisa memberi tausyiah  pada anaknya. Dan itu adalah kewajiban. Ingat kepala rumah tangga adalah iman dan tiap mereka nantinya juga akan dimintai pertanggung jawaban kelak diakhirat. Oleh sebab itulah, belajarlah untuk jadi iman yang baik, dengan banyak mengetahui agama yang lebih luas.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang tips mendidik anak secara Islami sejak dini. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : www.dosenpendidikan.com